BPJS Klaim Sudah Bayar RSUD Ulin, Tapi Baru Satu Paket Rp8,9 Miliar

Mencuatnya pemberitaan tentang Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) yang menolak klaim RSUD Ulin, langsung ditanggapi Kepala Cabang BPJS Banjarmasin Maya Febrianti, kemarin. Ia menyebut, pihaknya sudah membayar sebagian tagihan klaim rumah sakit milik Pemprov Kalsel tersebut.

“Kemarin (Selasa, 25/2) sudah dibayar kok, jadi tidak benar kalau kami menolak klaim,” kata Maya yang ditemui usai menghadiri pembukaan Rakerda Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel di Hotel Mercure, Rabu (26/2).

Diterangkan Maya, klaim saat ini ada dua yakni klaim paket Indonesia National Case Base Groups (INA-CBG’s) dan paket di luar INA-CBG’s. Yang sudah dibayar adalah klaim paket INA-CBG’s sebesar Rp8,9 miliar. Sekadar diketahui, INA-CBG’s merupakan suatu sistem klasifikasi beberapa jenis penyakit dan prosedur dalam satu pelayanan di suatu rumah sakit dengan pembiayaan yang dikaitkan dengan mutu dan efektivitas pelayanan terhadap pasien.

“Yang belum dibayar adalah paket diluar itu seperti biaya obat kemoterapi,” terang Maya.
Biaya paket obat kemoterapi menurut Maya belum masuk paket INA-CBG’s, oleh karena itu pihaknya belum bisa membayar klaim yang diajukan RSUD Ulin. Besarannya mencapai Rp3 miliar.

“Paket kemo masih tunggu aturan pembayaran. Aplikasi masih dalam proses,” ucapnya.

BPJS menurut Maya masih menunggu aplikasi dikirim dari pusat. Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 31 dan 32 Tahun 2014 tentang Pelayanan yang Belum Diatur menurut Maya baru terbit Februari ini, sehingga pihaknya belum bisa membayar terkait obat kemoterapi sebelum ada aplikasi.

“Kami tidak boleh bayar tanpa aplikasi, tapi pasti Rp3 miliar itu akan kita bayar setelah ada aplikasi,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin meminta kepada BPJS, rumah sakit, serta dinas kesehatan untuk duduk bersama menteri kesehatan membahas efektifitas pelaksanaan BPJS selama dua bulan pertama ini. Rudy menilai, baru dua bulan saja sudah banyak keluhan. “Padahal tahun ini saja masih panjang, masih ada 10 bulan lagi,” cetusnya. (radarbanjarmasin.co.id)

BPJS Klaim Sudah Bayar RSUD Ulin, Tapi Baru Satu Paket Rp8,9 Miliar BPJS Klaim Sudah Bayar RSUD Ulin, Tapi Baru Satu Paket Rp8,9 Miliar Reviewed by Banua Syariah on 8:36:00 PM Rating: 5