Innalillahi, Mantan Ketua MUI Banjarbaru KH Mukhyar Usman Wafat

Kalimantan Selatan kembali kehilangan seorang tokoh ulama besar, KH Mukhyar Usman bin H Usman Abubakar, tokoh pendiri Kabupaten Hulu Sungai Utara dan mantan Ketua MUI Kota Banjarbaru ini, meninggal dunia di usia 90 tahun.

Dikutip Radar Banjarmasin, Rabu (26/2) sesepuh kelahiran Barabai 7 Juli 1923 ini, telah banyak memberi kontribusi untuk banua. Nama KH Mukhyar Usman tercatat abadi sebagia pendiri Madrasah Mualimin Barabai, anggota panitia Pembentukan Kota Administratif Banjarbaru, sebelumnya beliau juga sudah terlibat dalam tim penuntutan berdirinya Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Menjadi pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Selatan dan Ketua MUI Kota Banjarbaru.

Pemakaman tokoh besar ini dihadiri Walikota Banjarbaru H M Ruzaidin Noor. Suasana gerimis di Kota Idaman mengiringi pemakaman almarhum. Banyak pelayat ikut mengantar almarhum.  “Beliau adalah seorang putra daerah terbaik,” ujar Ruzaidin.

KH Mukhyar Usman meninggalnya karena penyakit pernafasan yang sudah lama dideritanya. Beliau sempat dirawat satu bulan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura. Almarhum meninggalkan seorang istri Hj Masitah, 6 orang anak, 17 cucu dan 19 buyut.

“Kepergian beliau ini membuat kita semua merasa kehilangan. Menurut saya H Mukhyar Usman merupakan salah satu figur terbaik yang dimiliki daerah kita,” ucapnya.

Ditambahkannya, almarhum merupakan sosok pekerja keras yang sangat mencintai keluarga, masyarakat dan daerah. “Semangat, cita-cita, pengabdian dan segenap kiprah positif almarhum semasa hidup, semoga menjadi amal jariyah yang menuntun beliau ke tempat yang mulia di sisi Allah subhanahu wata’ala,” ujarnya. [mat/yn/bin/radarbanjarmasin/banuasyariah.com]
Innalillahi, Mantan Ketua MUI Banjarbaru KH Mukhyar Usman Wafat Innalillahi, Mantan Ketua MUI Banjarbaru KH Mukhyar Usman Wafat Reviewed by Banua Syariah on 9:51:00 AM Rating: 5