Tiga Inisial Anggota DPR RI S, G dan A dari Dapil Kalsel Disebut Dalam Sidang Kasus Korupsi

Aliansi Pemantau Pemilu Independen (APPI) Kalsel merilis tiga nama anggota DPR RI asal Kalsel yang mendapatkan rapor merah. Mereka mendapat nilai merah karena namanya disebut dalam beberapa persidangan kasus korupsi.

”Kita laksanakan evaluasi dalam beberapa bulan terakhir, ada 3 nama dari 11 anggota DPR yang mendapat rapor merah karena disebut-sebut terlibat dalam kasus korupsi,” kata Koordinator APPI Kalsel Muhith Afif, seperti dikutip harian pagi Radar Banjarmasin, Senin (3/3).

Ketiga anggota tersebut menurut Muhith saat ini masih duduk di Senayan. Ketiganya berasal dari tiga partai yang berbeda.

Nama anggota DPR RI yang pertama mendapat rapor merah berinisial S. Ia disebut dalam fakta persidangan menerima uang dari PT Cipta Terang Abadi guna memuluskan proyek di Komisi IV DPR RI.

“Nama anggota berinisial S ini jelas disebut dalam persidangan dengan saksi Yudi Setiawan di Pengadilan Tipikor Jakarta Oktober tahun lalu,” ujarnya.

Selain nama S, ada juga nama anggota DPR RI berinisial G yang juga mendapat rapor merah. G yang merupakan politisi senior partai besar ini disebut mantan Kepala Sub Usaha Energi Terbarukan Kementerian ESDM, Kosasih Abbas memenangkan tender proyek dari Kementerian ESDM di NTB dan NTT karena melakukan tekanan. G diduga terlibat dalam dalam perkara korupsi proyek Solar Home System (SHS).

”G memanfaatkan kewenangannya untuk menekan agar menang tender,” sebutnya.

Nama anggota dewan petahanan lainnya yang juga dapat rapor merah berinisial A. Dalam BAP penyidik KPK, nama A menurut Muhith disebut Karen Agustiawan dalam BAP menerima uang dari Pertamina untuk pembahasan APBN dan APBNP 2013.  []
Tiga Inisial Anggota DPR RI S, G dan A dari Dapil Kalsel Disebut Dalam Sidang Kasus Korupsi Tiga Inisial Anggota DPR RI S, G dan A dari Dapil Kalsel Disebut Dalam Sidang Kasus Korupsi Reviewed by Banua Syariah on 11:12:00 AM Rating: 5