Ulama Amuntai Kalsel KH Jailani Abin Dulah Lc Tutup Usia

Banua kembali kehilangan sosok ulama kharismatik, KH Jailani Abin Dulah Lc, Ketua Majelis Ulama Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tokoh yang juga Ketua I Dewan Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Ponpes Rakha) Amuntai tersebut, meninggal dunia di usia 68 tahun, Sabtu (1/3) di Rumah Sakit Sari Mulia, Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Diantara orang yang sangat berduka atas wafatnya ulama yang gigih memperjuangkan aqidah ahlu sunnah wal jamaah tersebut adalah Bupati H Abdul Wahid HK. Sebab ia adalah salah satu alumni Ponpes Rakha.

"Beliau guru saya dan akan terus menjadi guru, mengingat tidak ada mantan guru maupun murid," ujar Wahid diantara ribuan pelayat yang berdatangan, dari Kota Amuntai dan sekitarnya.

Sekretaris Umum MUI HSU HM Said Masrawan Lc MA, seperti dikutip harian pagi Radar Banjarmasin, Senin (3/3)  mengatakan, KH Jailani Abin Dulah mempunyai keinginan yang belum diwujudkannya, yakni membuat kumpulan buku Fatwa MUI jilid II. Sebelumnya beliau sudah menyusun buku Fatwa Jilid 1.

"Semasa hidup, guru berkeinginan membuat kumpulan buku fatwa jilid II, sekaligus membuat pertemuan MUI se-Kalsel di Kota Amuntai. Apa yang menjadi keinginan beliau Insya Allah akan kami lanjutkan," kata Said kemarin.

Diungkapkannya, dalam memimpin MUI HSU, KH Jailani tidak menempatkan diri sebagai ketua, melainkan sebagai sosok orang tua yang menyatu dengan anak-anaknya dalam memberikan nasehat.

Almarhun dikebumikan di Alkah keluarga Desa Paropokan Kecamatan Babirik, sekitar pukul 16.30 Wita, Ahad (2/3) kemarin.  [Radar Banjarmasin]
Ulama Amuntai Kalsel KH Jailani Abin Dulah Lc Tutup Usia Ulama Amuntai Kalsel KH Jailani Abin Dulah Lc Tutup Usia Reviewed by Banua Syariah on 10:57:00 AM Rating: 5