Kakanwil Kemenag Kalsel : Tidak Boleh Taklid pada Demokrasi



BANJARMASIN - Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalsel Drs H Muhammad Tambrin MMPd menyatakan secara umum umat Islam di Kalimantan Selatan belum mampu untuk memilah dan memilih mana pemikiran Islam dan mana pemikiran yang bertentangan dengan Islam.

“Contohnya demokrasi, kita tidak boleh taklid, harus kritis terhadap pemikiran yang datang dari luar," ujarnya disela silaturahmi DPD I Hizbut Tahrir Indonesia Kalimantan Selatan, di kantor Kemenag Kalsel di Banjarmasin, (15/4).

Tambrin mengungkapkan pengalamannya ketika menulis di media lokal tentang demokrasi menurut pandangan Islam. "Ada tokoh mempertanyakan, saya sampaikan tolong beri ulun (saya, red) kajian, apa hasil kajian pian (anda, Red) terhadap tulisan ulun itu," ujarnya.

Dalam tulisan tersebut, Tambrin tegas menyatakan demokrasi bertentangan dengan syariat dan aqidah Islam. Sebab demokrasi merupakan undang-undang thagut. Padahal katanya kaum Muslimin diperintahkan agar mengingkarinya.

Dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 256 terang mantan Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Laut Kalsel ini, Allah SWT berfirman yang artinya “(Oleh karena itu) barangsiapa yang mengingkari thagut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul (tali) yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.”

Menurutnya demokrasi dari pencetus dan pengusungnya dimaknai sebagai pemerintahan rakyat (dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat). Rakyat pemegang kekuasaan mutlak. Pemikiran ini bertentangan dengan Islam.

“Allah berfirman Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang kafir,” ujarnya mengutip Al-Quran Surat Al-Maidah : 44.

Ia juga menyinggung peran HTI sebagai jamaah dakwah ditengah-tengah umat. Dakwah itu katanya memang harus berjamaah, tidak bisa dilakukan secara individu. “Harus terus berulang-ulang disampaikan. Kalau sendirian, tidak akan sanggup kita," pungkasnya. []



Kakanwil Kemenag Kalsel : Tidak Boleh Taklid pada Demokrasi Kakanwil Kemenag Kalsel : Tidak Boleh Taklid pada Demokrasi Reviewed by Banua Syariah on 2:30:00 AM Rating: 5