Ketika Ratusan Remaja Banjarmasin Bicara Politik

BANJARMASIN - Kini giliran remaja angkat bicara soal politik. Ratusan remaja dari berbagai SMP dan SMA sederajat memadati Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin, tempat diselenggarakannya kegiatan Nonton Bareng (Nobar) tayangan "Speak Up Your Mind" edisi "Remaja Juga Politikus", Ahad (30/3).

Ketua DPD 1 MHTI Kalsel, dr. Hj. Patmawati Nabila dalam sambutannya yang dibacakan Ustadzah Nadzifah, menyampaikan tayangan ini menggambarkan bagaimana gambaran politik di dalam Islam dan pendidikan politik yang dilakukan sejak dini, sehingga remaja belajar untuk peduli dengan permasalahan kaum muslimin. Bahkan, merekapun di didik dan dipersiapkan untuk menjadi generasi pemimpin masa depan yang menjadikan politik sebagai jalan meraih ridla Allah yaitu dengan menjadikan syariat Allah sebagai satu-satunya aturan untuk mengatur dan mengurus seluruh permasalahan umat.

Dalam tayangan yang digarap Muslimah Media Center menceritakan bagaimana berpikir politik di kalangan remaja adalah suatu hal yang asing untuk menjadi sebuah topik pembicaraan. Bahkan, politik dipahami oleh sebagian remaja hanya sekedar merebut kekuasaan, pemilu, KPK, korupsi atau menteri hukum. Kemudian, tayangan tersebut juga menjelaskan bahwa politik dalam buku Pemikiran Politik Islam karya Syekh Qodim Zallum adalah mengurusi urusan umat, baik dalam negeri atau luar negeri dengan syariat Islam. Mengurusi urusan umat dalam memenuhi keperluan dan kebutuhan masyarakat.

Sementara rakyat dapat melakukan muhasabah, mengoreksi atau mengingatkan penguasa dalam mengatur dan mengurusi rakyatnya. Sebagian remaja yang mengatakan politik adalah pemilu, merebut kekuasaan merupakan suatu hal yang tidak salah. Namun, dalam Islam makna politik itu luas. Menyangkut semua hal dalam urusan warga negara dalam memenuhi kebutuhan rakyat. Salah satu aktivitas politik adalah dengan berdakwah. Karena dakwah merupakan aktivitas mengurusi urusan umat dengan Islam, mencegah dari yang munkar dan menyuruh kepada yang ma’ruf. Oleh karena itu, saatnya remaja harus berani bicara masalah politik dengan koridor Islam.

Acara ini menghadirkan dua nara sumber yaitu Ustadzah Agustina, S.Pd (Koordinator Lajnah Khusus Sekolah MHTI Kota Banjarmasin) dan Intan Lorenza Septiani Br. Sinaga (pelajar SMA Negeri 13 Banjarmasin. (Dini/Kontributor MMC Banjarmasin)
[www.banuasyariah.com]
Ketika Ratusan Remaja Banjarmasin Bicara Politik Ketika Ratusan Remaja Banjarmasin Bicara Politik Reviewed by Banua Syariah on 6:40:00 AM Rating: 5