Hati-hati, Tolak Kekerasan ISIS Bukan Ide Khilafah

JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Prof Din Syamsudin menyatakan pimpinan Ormas Islam harus lebih berhati-hati menyikapi isu ISIS ini agar tidak kontraproduktif terhadap Islam.

“Kita harus lebih hati-hati dalam menyikapi isu tentang ISIS. Jangan sampai justru kontraproduktif dengan arus utama gagasan Islam di negeri ini. Oleh karenanya kami undang para pimpinan Ormas untuk memberikan masukan dan gagasannya,” ungkapnya disela pertemuan menyikapi isu ISIS bersama para 39 Pimpinan Ormas Islam, (7/8) di Kantor MUI, Jakarta seperti dikutip HTIpress, kemarin.

Komisi Pengkajian dan Penelitian MUI, Fahmi Salim MA juga menegaskan, menyikapi ISIS jangan sampai kontra produktif. Menurutnya, jangan sampai isu ISIS digunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk memojokan gerakan Islam yang mengusung dakwah Islam syariah dan khilafah.

“Jangan sampai isu ISIS ini digunakan oknum yang tidak bertanggungjawab untuk memojokkan gerakan islam yang mengusung dakwah Islam dan gagasan islam seperti syariah islam dan khilafah,” ujar Fahmi.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa kita menolak ISIS bukan karena gagasan syariah Islamnya, bukan karena Daulah Islamiyah atau gagasan Khilafah Islamiyah. “Kita menolak ISIS bukan karena gagasan tapi kita menolak ISIS karena tindakan Radikal, membunuhi Ulama, menghancurkan masjid-masjid dan situs-situs bersejarah. Itu yang kita tolak,” tegas Fahmi.

Sementara itu, Ketua Umum IKADI, KH Ahmad Satori mengatakan setuju menolak kekerasan yang dilakukan ISIS, namun jangan sampai menolak ide Islam yang sudah ada.

“Kita setuju menolak kekerasan yang dilakukan oleh ISIS jangan sampai menolak ide Islam dan sesuatu yang sudah “Ma’lumun min Ad diin biddlaruroh.” tegas Ahmad Satori.

Dalam berbagai kitab para ulama salaf, “Ma’lumun min Ad diin biddlaruroh.” Maknanya adalah sesuai yang sudah diketahui dari agama ini (Islam) karena begitu sangat pentingnya. Diantara perkara yang termasuk di dalamnya adalah kepemimpinan dalam Islam (Khilafah).

Selain MUI, pada pertemuan tersebut juga hadir, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Slamet Effendy Yusuf, Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Tarbiyah Islamiyah Basri Bermanda, dan perwakilan Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Rosiady Sayuti. [www.banuasyariah.com]

Hati-hati, Tolak Kekerasan ISIS Bukan Ide Khilafah Hati-hati, Tolak Kekerasan ISIS Bukan Ide Khilafah Reviewed by Banua Syariah on 9:37:00 AM Rating: 5