Ini Dia Asal-Usul Pemimpin Baru Irak

"Negara ini ada di tangan Anda." Itulah yang dikatakan pembicara Parlemen Irak kepada Haider al-Abadi saat diangkat menggantikan Perdana Menteri Nuri al-Maliki.
Seorang anggota Parlemen Irak kemudian menjabat tangan Abadi. "Semoga Allah membantu Anda, " ucapnya kepada Abadi seperti ditulis The New York Times dikutip dari laman vivanews, Minggu (24/8/2014).
Seperti diberitakan CNN, Abadi akan mewarisi kendali politik negara yang kini dalam perpecahan akibat konflik sektarian dan kampanye brutal ekstremis Sunni, Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).
Siapa Haider al-Abadi, dari mana asal-usul orang yang kini diharapkan bisa mempersatukan seluruh rakyat Irak ini?
Di atas kertas, politik Abadi tak berbeda dengan Maliki. Seperti Maliki, Abadi juga politikus dari Partai Islam Dawa, salah satu blok politik terbesar Syiah saat ini. Basis kekuasaannya berasal dari mayoritas Syiah Irak.
Ketika rezim Saddam Husein berkuasa, Abadi pernah dipaksa ke pengasingan. Namun dia kembali ke kancah perpolitikan setelah diktator Irak itu digulingkan oleh invasi Amerika Serikat pada 2003.
Seorang pengamat Irak dari Columbia University, Ranj Alaadin menilai Abadi sebagai seorang moderat. Dia dianggap lebih mampu berkompromi dibandingkan Maliki.
"Dia sangat menarik, dapat mengartikulasikan dan langsung," kata Alaadin.
Abadi lahir di Baghdad pada 1952. Seorang politikus Partai Dawa mengatakan Abadi telah bergabung sejak remaja. Dia adalah salah satu dari ribuan warga Irak yang meninggalkan negara selama pemerintahan Saddam Husein.

Haider al-Abadi Lulusan Inggris

Abadi belajar di luar negeri setelah menerima gelar sarjananya pada 1975. Dia menghabiskan bertahun-tahun di Inggris. Di University of Manchester, dia menerima gelar doktor di bidang teknik elektro. Ayahnya yang pernah menjadi pejabat terkemuka Irak dipaksa pensiun pada 1979. Dia pindah ke Inggris dan tinggal di sana hingga meninggal dunia.
Setelah Saddam Husein digulingkan, Abadi kembali ke tanah kelahirannya pada 2003 dan menjadi Menteri Komunikasi di pemerintahan sementara. Kemampuan bahasa dan hubungan internasionalnya menjadi alasan dia menjabat posisi itu.
Menurut buografinya, Abadi ditugaskan membersihkan Kota Irak utara Tal Afar dari alqaeda pada 2005. Ini dinilai menjadi pengalaman bermanfaat bagi Abadi. Sebab, Tal Afar kini berada di bawah kendali ISIS.
Dalam wawancara beberapa pekan lalu kepada wartawan, Abadi telah menekankan perlunya persatuan dan kompromi dalam menghadapi musuh. Dia mengatakan semua kelompok telah melemah dalam menghadapi ancaman musuh. Dia terbuka terhadap bantuan dari Iran. [*]
Ini Dia Asal-Usul Pemimpin Baru Irak Ini Dia Asal-Usul Pemimpin Baru Irak Reviewed by Beri Mardiansyah on 7:57:00 AM Rating: 5