Liqa Syawal HTI Banua Enam, Khilafah Kewajiban Utama


TABALONG : Bulan Syawal tahun ini Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Banua Enam Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar kembali halalbihalal yang disebut liqasyawal HTI. Kegiatan itu dilaksanakan di Masjid Al Abrar Islamic Center Tanjung pada Minggu (24/8) kemarin.

Liqasyawal tahun ini sengaja dihadirkan Ustad Syamsuddin Ramadan, pengurus DPP HTI di acara bertemakan Indonesia Milik Allah Saatnya Khilafah Menggantikan Demokrasi dan Sistem Ekonomi Liberal.

Ustad Syamsudin Ramadan, di hadapan ratusan ulama, tokoh masyarakat peserta halalbihalal, menjelaskan kewajiban menegakan khilafah yang sudah menjadi kesepakatan ulama, sehingga tidak ada perbedaan pendapat didalamnya. "Bahkan khilafah adalah kewajiban yang lebih utama dari kewajiban lainnya," katanya.

Kewajibantersebut dijelaskanya berdasar perintah syariah dan ijma para sahabar Nabi SAW. "Sahabat Nabi itu lebih mengutamakan mengangkat khalifah dari padasibuk menguburkan jenazah Nabi. Padahal menurut syar'i, menguburkan jenazah hukumnya lebih utama dipercepat dan didahulukan," tegasnya.

Hanya saja, dari dulu hingga sekarang ada fenomena menakut-nakuti penegakankewajiban khilafah. Salah satunya adanya kelompok yang mengatasnamakan kelompok penegak khilafah, namun tidak memenuhi syarat syar'i. Contohnya, ISIS.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Haris mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan tujuanya untuk menjaling kebersamaan HTI bersama ulama dan tokoh masyarakat. "Menyatukan langkah menuju perjuangan penegakan khilafah sebagai pengganti sistem demokrasi," katanya.

Khusus HTI Banua Enam, selain dilaksanakan di Masjid Al Abrar Islamic Center Tanjung, juga digelar di Kandangan. "Untuk di Tabalong diikuti HTI dan tokoh masyarakat tiga kabupaten. Tabalong, Balangan dan Hulu Sungai Utara. Untuk di Kandangan diikuti tiga juga, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Tapin," jelasnya. [*]
Liqa Syawal HTI Banua Enam, Khilafah Kewajiban Utama Liqa Syawal HTI Banua Enam, Khilafah Kewajiban Utama Reviewed by Beri Mardiansyah on 4:43:00 PM Rating: 5