Kebohongan Pemerintah Soal Subsidi BBM, Dibongkar Sendiri Politisi Partai Penguasa

JAKARTA : Ditengah ketegangan antara Presiden SBY yang ngotot enggan menaikan harga BBM demi popularitas melawan Presiden terpilih Jokowidodo yang bersikeras mencabut subsidi BBM sebagaimana permintaan World Bank, Politisi Partai Demokrat, Ikhsan Modjo justru mengungkapkan fakta mencengangkan.

Pasalnya, isu APBN akan jebol jika subsidi tak dicabut akhir Agustus lantaran jatah BBM subsidi akan habis pada 5 Desember nanti, terbantahkan. Dikutip laman metrotvnews, Senin (1/9/2014), Politisi Partai Demokrat Ikhsan Modjo mengungkapkan bahwa pemerintah dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menambah subsidi BBM dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) 2014.

"Sisa di APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) 2014 setelah kita hitung-hitung di Banggar (Badan Anggaran DPR RI) sekitar Rp80-90 triliun. Itu uang banyak, pakai saja untuk nambah subsidi BBM," ucap Ikhsan, saat ditemui usai acara Diskusi Polemik Sindo Trijaya Network dengan tema Bola Panas BBM, di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/8/2014).

Ia menjelaskan, kekurangan pemerintah dalam pengadaan subsidi BBM adalah sebanyak 25-26 hari. Hal tersebut berarti membutuhkan sebanyak 1,35 juta kl untuk memenuhi kekurangan subsidi BBM selama itu.

"Menurut hitung-hitungannya Pertamina sisa 25-26 hari tersebut membutuhkan sekitar 1,35 juta kilo liter. Katakanlah mentok ke 1,5 hingga 2 juta kl. Itu berarti membutuhkan biaya ya sekitar Rp8-10 triliun. Kalau dari struktur APBN kita sekarang, yaa jelas aman," paparnya.

Tidak hanya subsidi BBM saja yang dapat diatasi dari SiLPA sebanyak Rp80-90 triliun, tetapi juga akan dapat membayar gaji pegawai untuk Januari hingga April 2015.

"Ini uang banyak (SiLPA), mungkin bisa dipakai untuk bayar gaji pegawai dari Januari-April yang hanya menghabiskan sebanyak Rp15 triliun. Jadi, jangan takut kehabisan subsidi BBM," pungkas Ikhsan.[*]
Kebohongan Pemerintah Soal Subsidi BBM, Dibongkar Sendiri Politisi Partai Penguasa Kebohongan Pemerintah Soal Subsidi BBM, Dibongkar Sendiri Politisi Partai Penguasa Reviewed by Banua Syariah on 9:43:00 AM Rating: 5