Oktober, Tunjangan Guru Kemenag Cair

Oktober Tunjangan Guru Kemenag Cair
JAKARTA : Sekjen Kemenag Nursyam menyatakan tunjangan guru yang berada dibawah naungan Kementrian Agama (Kemenag) akan cair pada Oktober 2014. Menurutnya, rencananya dana tunjangan profesi guru Kemenag sebesar Rp1,96 triliun itu akan mulai dicairkan bulan depan.

Seluruh keperluan administrasi kata Nursyam sudah diselesaikan dan dipastikan pada Oktober, Kemenag sudah bisa mencarikan dana tunjangan profesi guru tersebut.Meskipun begitu, pembayaran tunjangan profesi guru ini tergolong telat. Nurysam berdalih, keterlambatan pembayaran ini lantaran dana tersebut memanfaatkan dana APBN-P. Sehingga diperlukan waktu untuk pengajuan dana ke DPR. Setelahnya, diperlukan pula pengurusan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (Dipa) APBNP di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Selain itu, penyebab lainnya adalah lamanya proses audit data guru penerima TPG oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Audit ini digunakan untuk meneliti kelayakan guru madrasah calon penerima TPG.

"BPKP harus memverifikasi, by name by address agar tidak salah. DPR sudah ok (besaran dana), sekarang di Kemenkeu. Kalau Dipa selesai maka selesai semuanya," ujarnya seperti dikutip dari laman JPNN, (8/9/2014).

Untuk diketahui, tunggakan TPG sebsar Rp 1,96 tiliun tersebut terdiri dari Rp 1,6 triliun dana tunjangan profesi guru yang berada di bawah Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag). Sementara sisanya adalah tunjangan profesi guru pendidikan agama seperti Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha. Utang atau tunggakan pencairan TPG ini umumnya untuk guru yang lulus sertifikasi sebelum 2010. Sementara, yang lulus diatas tahun 2010 relatif telah dibayarkan sebagian besarnya. [*]
Oktober, Tunjangan Guru Kemenag Cair Oktober, Tunjangan Guru Kemenag Cair Reviewed by Banua Syariah on 5:17:00 PM Rating: 5