Sekolah Pinggiran di Banjarbaru Keluhkan Buku

Distribusi buku kurikulum 2013 belum berjalan maksimal.  Banyak sekolah ternyata belum menerima buku tersebut
Add caption

Pendistribusian buku Kurikulum 2013 (K-13) belum maksimal. Banyak sekolah di Kota Banjarbaru yang belum mendapatkan buku mata pelajaran sesuai dengan kurikulum tersebut. bahkan banyak guru yang mengaku bingung karena mengajar tanpa buku panduan.

 

Dikutip Radar Banjarmasin Selasa (7/10) Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, H Huzaili Yamani SPd MSi angkat bicara. Menurutnya terkait masalah pendistribusian buku Kurikulum 2013 ini masih banyak yang belum dibagikan. Hanya Sekolah Dasar (SD) saja yang sebagian sudah itupun hanya sekitar 50 persen saja. Sedangkan untuk Sekolah menangah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) belum sama sekali dibagikan.

Menurutnya pengadaan buku tersebut tendernya diadakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah (LKPP) yang mempunyai kontrak dengan lembaga Payung. Huzaili juga mengatakan dirinya juga pernah mengikuti workshop di Jakarta mengenai Kurikulum 2013 pada bulan juli 2014, serta masalah pendistribusiannya.


Bahkan menurutnya Wakil Menteri Pendidikan Nasional pernah berjanji terkait buku kurikulum 2013 ini, paling lambat pertengahan bulan Agustus kemarin sudah didistristribusikan. Tetapi sampai dengan bulan Oktober ini tidak ada pengiriman sama sekali.


“Pendistribusian buku K-13 ini sebenarnya masalah Nasional, bukan masalah didaerah kita saja, sama masalahnya dengan daerah lain di Indonesia. Kami juga sudah mengantisipasi dengan cara online, untuk para guru agar dapat mengambilnya melalui internet, dan masing-masing dapat memprintnya,” ucapnya kepada Radar Banjarmasin.


Dia berharap Pemerintah Pusat mendesak penyedia Buku Kurikulum 2013 agar segera menyelesaikan kewajibannya dan segera mengirimkannya kedaerah. Tak kalah penting juga kata dia, buku Kurikulum 2013 tersebut bagus dan baik, kemudian lengkap dari segi mata pelajarannya, cukup kuantitasnya sesuai dengan kebutuhan sekolah.


Dia juga menambahkan agar Panitia Sekolah mengecek kelengkapan terkait kelengkapan pendistribusian Buku tersebut nantinya. Apabila ada kekurangan dan tidak lengkap dalam pendistribusian buku Kurikulum 2013 tersebut, Panitia Sekolah jangan membayar dan laporkan ke Dinas Pendidikan. [ Radar Banjarmasin / banuasyariah.com ]
Sekolah Pinggiran di Banjarbaru Keluhkan Buku Sekolah Pinggiran di Banjarbaru Keluhkan Buku Reviewed by Banua Syariah on 10:44:00 AM Rating: 5