Survei Terbaru : 59,9 Persen Netter Indonesia Online Lewat Smartphone

Smartphone adalah perangkat yang paling banyak dan sering digunakan untuk mengakses internet di Indonesia. Berdasarkan hasil survei Baidu, 59,9%responden mengakses internet melalui smartphone.
JAKARTA - Smartphone adalah perangkat yang paling banyak dan sering digunakan untuk mengakses internet di Indonesia. Berdasarkan hasil survei Baidu, 59,9%responden mengakses internet melalui smartphone.

Sementara smartphone mendominasi, responden juga menggunakan perangkat lain untuk mengakses internet yaitu laptop, PC, tablet, dan netbook. Lebih dari 80 persen pengguna menggunakan smartphone dengan kisaran harga Rp 1-3 juta.

"Saat ini, smartphone kelas low-end masih menjadi yang terbanyak digunakan oleh pengakses mobile internet di Indonesia," jelas Baidu dalam keterangan resminya seperti dikutip laman liputan6, Selasa (9/12/2014).

Android menjadi sistem operasi favorit para pengguna internet mobile di Indonesia. Sebanyak 87,3% responden menyatakan ingin mengganti ponselnya dengan ponsel Android yang lebih baik di masa depan.

Di luar perkiraan, harga tidak lagi menjadi pertimbangan utama pengguna dalam memilih operator layanan akses internet. Sebaliknya, yang menjadi pertimbangan utama adalah penawaran paket data yang menarik (39,6%), kecepatan jaringan (38,2%), harga yang lebih rendah (34,9%), stabilitas jaringan (33,3%) dan cakupan jaringan (31,9%).

Lebih lanjut, survei mengungkapkan bahwa mayoritas pengguna internet mobile di Indonesia adalah laki-laki dengan persentase 74,7%, dan sisanya adalah perempuan.

Untuk aktivitas berselancar di internet, yang paling sering dilakukan adalah mengakses jejaring sosial (84,2%), melakukan pencarian (65,7%), membaca berita (39,2%), mengakses email (38,9%), menonton video (31,4%), dan bermain game (30,7%).

"Sebagian pengguna juga mengakses mobile internet untuk mendengarkan musik dan mengakses blog," sambung Baidu.

Kebanyakan pengguna mobile di Indonesia hanya sering menggunakan 1–2 aplikasi. Aplikasi-aplikasi yang paling banyak dipasang dan digunakan adalah jejaring sosial, peramban (browser), games, serta pemutar musik dan video.

Browser menjadi aplikasi serba guna yang sering diakses oleh para pengguna mobile internet. Sebanyak 78,3% pengguna membuka browser berkali-kali dalam sehari, antara lain untuk melakukan pencarian, mengunduh, mengakses jejaring sosial, membaca berita, menonton video, dan berbelanja online.

Rumah menjadi tempat yang paling umum untuk mengakses mobile internet, yakni sebanyak 95,2%, diikuti dengan kantor, restoran, kafe, sekolah, dan angkutan umum. Waktu puncak pengguna untuk mengakses mobile internet adalah pada saat makan siang dan setelah jam kerja.

"Dengan besarnya populasi di Indonesia, diharapkan penetrasi mobile internet bisa tumbuh dengan cepat di masa depan. Banyak pengguna ponsel masih awam dengan mobile internet. Meski begitu, mereka belajar dengan cepat," ungkap Baidu.

Seluruh laporan Baidu ini adalah hasil eksplorasi mengenai tren dunia mobile di Indonesia, yang berjudul 'Explore the Mobile World in Indonesia'. Laporan ini disusun berdasarkan hasil survei dan wawancara sejak 2 September hingga 31 Oktober 2014.

Baidu melibatkan lebih dari 11 ribu responden yang berasal dari masyarakat umum, hingga para narasumber dari berbagai industri terkait. Eksplorasi dilakukan melalui survei online di Baidu Browser serta di sejumlah situs. [*]



Sumber : Liputan6
Editor : Abu Rafif
Survei Terbaru : 59,9 Persen Netter Indonesia Online Lewat Smartphone Survei Terbaru : 59,9 Persen Netter Indonesia Online Lewat Smartphone Reviewed by Banua Syariah on 9:06:00 PM Rating: 5