Mabuk Lem, Pelajar 17 Tahun Dibekuk Satpol PP

Empat pelajar yang tengah asyik ngelem di semak langsung panik ketika diburu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banjarbaru. Mereka tak berdaya ketika dibekuk aparat tepat di samping SPMA Banjarbaru atau depan Kantor PLN Kalselteng Jalan Panglima Batur, Selasa (10/2) sore.
BANUASYARIAH.COM, BANJARBARU – Empat pelajar yang tengah asyik ngelem di semak langsung panik ketika diburu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banjarbaru. Mereka tak berdaya ketika dibekuk aparat tepat di samping SPMA Banjarbaru atau depan Kantor PLN Kalselteng Jalan Panglima Batur, Selasa (10/2015) sore.

Rata-rata ke empat pelajar itu berusia 17 tahun. Ada yang masih belajar di bangku sekolah, ada pula yang sudah putus sekolah. Aksi ngelem itu diakui mereka sudah sering dilakukan di tempat tersebut. Pasalnya, lokasi ngelem terlindung dari Jalan Panglima Batur dan juga ada pohon rindang di sekitar lokasi.

“Kalau saya hanya diajak teman. Dia sudah sering,” ucap RD, salah satu pelajar Madrasah Sanawiyah di Kota Banjarbaru itu.

Kasi Operasi Fitryadi mengungkapkan, giat kali ini digelar setelah mendapatkan laporan atau informasi dari warga sekitar, bahwasanya lokasi itu kerap dikunjungi anak-anak maupun orang dewasa santai di bawah pohon.

“Ketika kami periksa, ternyata ada empat orang anak yang asyik ngelem di sana. Di lokasi juga ditemukan beberapa botol Minuman Keras (Miras),” pungkasnya didampingi penyidik, Aries.

Setelah dilakukan pemeriksaan ungkap Fitri, ke empat pelajar ini terbukti melanggar ketentuan Peraturan Daerah Kota Banjarbaru nomor 7 tahun 2014 pasal 22 huruf yakni menghirup dan atau menghisap zat adiktif lainnya dengan tujuan untuk dapat menimbulkan efek mabuk.

“Mereka kami minta panggil orang tua untuk menandatangani surat pernyataan agar tidak mengulangi lagi perbuatannya. Jika kembali mengulangi ancamannya pidana,” tandasnya.

Ketentuan pidana itu pun jelas Fitry ada di pasal 52 ayat 1 yaitu setiap orang yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan larangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 22 Perda ini, maka diancam dengan pidana kurungan paling lama enam bulan atau denda paling banyak Rp50 juta.  [*]
Mabuk Lem, Pelajar 17 Tahun Dibekuk Satpol PP Mabuk Lem, Pelajar 17 Tahun Dibekuk Satpol PP Reviewed by Banua Syariah on 11:06:00 PM Rating: 5