Karena Anak adalah Amanah



إنَّ الـحَمْدَ لِلّهِ نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ،


,أَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا.  أَمَّا بَعْد

Sidang Jum'at yang dimuliakan Allah...

Anak adalah anugerah penghias dalam sebuah keluarga.  Tanpa kehadiran mereka, rumah tangga serasa hampa dan belum sempurna. Kehadiran anak menjadi penyejuk hati dan pelipur lara.

Karenaya secara fitrah, pasangan keluarga niscaya sangat  mendamba kehadiran permata keluarga tersebut.  Allah SWT berfirman;


(وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا)

Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Al Furqan 74)

Kaum muslimin Rahimakumullah...
Namun sayang, zaman yang semakin jauh dari nilai-nilai agama Islam, keadaan yang semakin materialistik, kondisi hidup yang semakin sulit, keadaan ekonomi yang semakin melilit, menjadikan titipan Allah tersebut banyak tersia-siakan.

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan peresmian Panti Asuhan Hidayah di Kecamatan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, mengungkapkan, saat ini ada 4,1 juta anak Indonesia terlantar dan diasuh di panti asuhan anak atau Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak/Panti Sosial Asuhan Anak.

Sidang Jum'at yang dimuliakan Allah...

Anak adalah amanah yang Allah titipkan pada kita. Wajib kita memeliharanya, merawatnya, karena suatu saat Allah akan meminta tanggung jawab atas amanah tersebut.

Menyia-nyiakannya adalah bentuk pengkhianatan kepada Allah. Dan khianat adalah dosa. Ibnu Qayyim rahimahullah berkata, “Barangsiapa yang tidak mengajarkan hal-hal yang bermanfaat kepada anaknya dan membiarkan begitu saja, berarti dia telah mendurhakai anaknya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


كَفَى بِالْمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُضَيِّعَ مَنْ يَقُوتُ

“Cukuplah seseorang itu dikatakan berdosa karena ia telah menyia-nyiakan orang yang berada di bawah tanggung jawabnya.” (HR. An-Nasa’i dan Al-Hakim

Kaum.muslimin rahimakumullah..
Namun anak terkadang juga manjadi cobaan dan fitnah bagi kita. Firman Allah SWT;


(إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ ۚ وَاللَّهُ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ)

“Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu) , dan di sisi Allah pahala yang besar.” (At Taghabun 15)

Sehingga, dalam menunaikan amanah ini memerlukan ketekunan, kesabaran, dan keikhlasan yang luar biasa.

Tidak cukup amanah ini tertunaikan dengan sekedar mempersiapkan materi buat mereka. Namun mendidik mereka, mengajarkan tauhid kepada mereka, menjauhkan mereka dari menyekutukan Allah, mengajarkan adab atau tata krama, mengenalkan dan mebimbing cara ibadah mereka, adalah rangkain amanah yang wajib kita tunaikan. Allah SWT berfirman;


(وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ)

Dan (ingatlah) ketika luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". (TQS. Lukman 13)

Ma'asyiral Muslimin rahimakumullah....

Demikian beberapa yang yang bisa mengingatkan kita, agar kita senantiasa memelihara anak kita, amanah kita..dengannya semoga anak-anak terlantar di negeri ini akan berkurang.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan kepada kita untuk memelihara amanah yang cukup berat ini. Amin-amin ya Rabbal alamiin...


أعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم. (وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ ۚ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ.

 وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ)


بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم.  ونفعني و إياكم بما فيه من الآيات و الذكر الحكيم. و تقبل مني و منكم تلاوته إنه هوالسميع العليم. أقول قولي هذا و أستغفر الله العظيم لي و لكم و لسائر المسلمين و المسلمات، والمؤمنين و المؤمنات، فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم.
Karena Anak adalah Amanah Karena Anak adalah Amanah Reviewed by Ahmad Maghfur on 8:18:00 AM Rating: 5