MTU Kalsel: Khilafah Menjaga Aqidah Umat, Khilafah Menjamin Kebutuhan Rakyat



Muktamar Tokoh Umat (MTU) Kalimantan Selatan sukses digelar Hizbut Tahrir Indonesia Kalimantan Selatan. Ratusan tokoh umat hadir diacara yang dihelat di Hotel Roditha Banjarmasin, Ahad 24 April 2016. Salah seorang narasumber dalam paparannya mengungkap bagaimana Khilafah Menjaga Aqidah Umat dan menjamin Kebutuhan Rakyat.
BANJARMASIN – Muktamar Tokoh Umat (MTU) Kalimantan Selatan sukses digelar Hizbut Tahrir Indonesia Kalimantan Selatan. Ratusan tokoh umat hadir diacara yang dihelat di Hotel Roditha Banjarmasin, Ahad 24 April 2016. Salah seorang narasumber dalam paparannya mengungkap bagaimana Khilafah Menjaga Aqidah Umat dan menjamin Kebutuhan Rakyat.

“Imam Ibnu Khaldun dalam Kitab Tarikh Ibnu Khaldun beliau menegaskan bahwasanya fungsi khilafah itu sesungguhnya niabah yakni pengganti dari pemilik syariat yakni Allah SWT. Tujuannya adalah pertama memelihara atau menjaga agama dan kedua mengatur dunia dengan agama,” ujar Ketua Lajnah Tsaqofiyah DPD I Kalimantan Selatan Hizbut Tahrir Indonesia, Ustadz Taufik NT di hadapan ratusan tokoh umat Kalsel.



Kalau kita perhatikan katanya, tujuan kedua ini bisa kita dapatkan di negara-negara yang ada saat ini, yakni negara mengatur urusan dunia dengan program ekonomi untuk kemakmuran rakyat dan lain-lain. Tapi tujuan yang pertama tidak didapatkan kaum Muslimin di negeri-negeri yang ada saat ini. Padahal agama ini yang penting.

Menurutnya, jika bicara Islam rahmat bagi seluruh alam sementara kita bicara hanya urusan dunia, maka itu sedikit sekali. Hidup di dunia ini hanya sebentar, artinya jika kehidupan akhirat yang kekal tidak kita pelihara sungguh itu merupakan kemudharatan dan paling celaka.

“Berapa lama sih hidup kita di dunia ini ? misalnya jika kita hidup 74 tahun di dunia, ternyata itu hanya beberapa menit di akhirat. Dalam surah As-Sajadah, Allah SWT mengatakan satu hari dalam hitungan kalian itu seribu tahun di akhirat. Artinya kalau 74 tahun itu tidak sampai satu jam di akhirat. Sehingga jika kita hidup sejahtera di dunia selama 74 tahun itu hanya beberapa menit di akhirat. Maka jika urusan akhirat ini tidak kita urusi, sungguh ini sebuah kemudharatan,” ungkapnya.

Lantas bagaimana cara Khilafah Menjaga Agama? Taufik menjelaskan :

Pertama, dengan pendidikan formal. Jika kita lihat pendidikan formal sekarang ini, dari SD sampai seseorang bergelar Profesor tidak akan pernah bisa mengaji jika hanya mengandalkan pendidikan di sekolah. Sedangkan dalam Islam, pendidikan formal ini muatan utamanya adalah aqidah Islam. Kewajiban pertama adalah mengenal Allah SWT.

“Rasulullah SAW mengatakan, ajari anak kalian tiga perkara; hubbu nabiyi, wahubbu ahli baitihi wa qiroatil qur’an, ajari mencintai Nabi kalian, ajari qiroatil qur’an,” ujarnya.

Kedua, pendidikan non formal. Seperti melalui majelis taklim, media massa, siaran-siaran di televisi akan dipantau agar kemudian membuat aqidah masyarakat rusak.

Ketiga, yang terpenting untuk menjaga aqidah Islam adalah dengan penerapan Islam. Sebagian orang menganggap cara pertama dan kedua itu hanya teori. Ibarat promosi, cara pertama dan kedua itu hanya iklan.

“Yang namanya iklan, ketika kenyataannya tak sesuai dengan iklan orang tidak mau percaya. Islam itu juga begitu, kalau hanya sekedar didakwahkan, di seminarkan seperti Muktamar ini, orang tidak akan cukup percaya. Karenanya Islam harus diterapkan, sebab jika manusia yang akalnya kurang tidak akan bisa melihat khasnya Islam.

Jika orang berakal, tidak perlu dijelaskan pun sudah faham. Ada kaidah bahwa orang yang berakal itu cukup dengan isyarat sudah paham. Tapi yang kurang akalnya ini perlu penerapan Islam, perlu dijelaskan kemudian dipraktekkan.

“Dan kebanyakan manusia itu perlu sampai ke praktek penerapan Islam barui dia mengerti bahwa seperti ini loh keunggulannya. Sama seperti mobil Ferrari, baru tahu kecepatannya ketika sudah menaiki mobil itu, kalau hanya membaca spesifikasinya dari brosur saja tidak akan tahu keunggulan Ferrari,” ujarnya beranalogi.

Disamping itu tegas Taufik, dalam penerapan Islam juga tidak ada paksaan bagi non muslim. Orang non muslim tidak perlu khawatir jika Islam di terapkan. Karena tidak ada paksaan bagi mereka untuk masuk kedalam Islam. (Abah Ismail / MI Kalsel)
MTU Kalsel: Khilafah Menjaga Aqidah Umat, Khilafah Menjamin Kebutuhan Rakyat MTU Kalsel: Khilafah Menjaga Aqidah Umat, Khilafah Menjamin Kebutuhan Rakyat Reviewed by Banua Syariah on 10:25:00 AM Rating: 5