Khawatir Era Donald Trump Lebih Represif Terhadap Umat Islam

Doktor Bidang Hukum Pidana Tipikor Universitas Lambung Mangkurat, DR Mispansyah SH MH mengatakan siapapun yang menjadi presiden Amerika, tidak akan mau berpihak pada Umat Islam.  Bahkan ia khawatir, era Donald Trump saat ini justru lebih represif terhadap umat Islam.

BANUASYARIAH.COM, BANJARMASIN - Doktor Bidang Hukum Pidana Tipikor Universitas Lambung Mangkurat, DR Mispansyah SH MH mengatakan siapapun yang menjadi presiden Amerika, tidak akan mau berpihak pada Umat Islam.  Bahkan ia khawatir, era Donald Trump saat ini justru lebih represif terhadap umat Islam.

“Kadar represifnya terhadap umat Islam, baik dalam negeri maupun luar ada peningkatan,” cetusnya seperti dikutip dari laman serambiumah.com, Senin 21 November 2016.

Menurutnya, kalau delapan tahun di era Obama terasa lebih soft, maka Trump diprediksi bakal lebih garang.

“Poin kampanyenya yang paling terkenal kan isu anti Islam. Walau tidak frontal tetapi lebih tajam,” jelas Mispansyah.

Tradisi keberpihakan Amerika terhadap kepentingan Israel di era Trump, akan lebih terjaga dan peka khususnya dalam memainkan ‘kartu’ hak veto di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Kalau pada 2008/2009 Obama mengeluarkan hak vetonya untuk resolusi sanksi boikot terhadap Israel, karena menggunakan bom serbuk menyerang Palestina, maka di era Trump kepekaan rasa pembelaan itu akan lebih tinggi.

Ketika ditanya apakah negara-negara Islam petro dolar di Timur Tengah, bisa memainkan deposito mereka di berbagai bank di Amerika dengan isu rush (penarikan dana besar-besaran) sebagai ancaman terhadap Trump, menurut Mispansyah hal itu juga sulit dilakukan.

“Sayangnya negara-negara Islam, baik yang petro dolar maupun yang tidak saat ini dalam kondisi terpecah dan bahkan bertikai perang, sehingga untuk menggulirkan isu rush pasti bisa mustahil. Mereka konsentrasi pada menyelamatkan masing-masing,” jelasnya.

Ibaratnya, menurut dia, negara-negara Islam dunia sekarang ini, tidak lagi mempunyai ‘kartu AS’ untuk dimainkan dalam bargaining melawan kebijakan Trump kelak.

“Poinnya siapa pun jadi presiden Amerika, dia tetap pembela berat Israel dan penekan Islam, tinggal tinggi rendah kadarnya yang berbeda,” pungkasnya.  (*)
Khawatir Era Donald Trump Lebih Represif Terhadap Umat Islam Khawatir Era Donald Trump Lebih Represif Terhadap Umat Islam Reviewed by Banua Syariah on 5:05:00 PM Rating: 5